23 Agustus 2009

Kawasaki Pindahkan Pabrik Sepeda Motornya ke Thailand


TOKYOKOMPAS.com - Minat pabrikan Jepang memindahkan pabriknya ke Thailand tak kunjung surut, meski kondisi politik di negara tersebut tidak sekondusif Indonesia. Buktinya, hari ini Yomiuri Shimbun memberitakan, Kawasaki Heavy Industries (KHI) Ltd., secara bertahap memindahkan produksi sepeda motor ukuran menengah dan besar dari Jepang ke Thailand mulai 2010. Alasan KHI, upah buruh di negara Gajah Putih lebih murah.

Ini merupakan perusahaan Jepang pertama yang memindahkan pembuatan sepeda motor gedenya ke negara dengan ekonomi yang terus mengalami pertumbuhan. Juga dijelaskan, Honda Motor Co. Akan memindah prodouski motor ukuran sedangnya ke Thailand.

Akibat krisis ekonomi global, penjualan sepeda motor sedang dan besar di negara maju, seperti Jepang, Eropa dan Amerika Serikat yang merupakan pasar utama Kawasaki, terus mengalami penurunan. Dijelaskan pula, tren ini akan terus berlanjut relokasi pabrik ini akan terus berlanjut.

Saat ini KHI membuat sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc di pabrik utamanya Akashi, Hyogo Prefecture, Jepang dan ukuran kecil dan menengah di Thailand. Pada fiskal 2008, KHI memproduksi 150.000 sepeda motor di Akashi dan 110.000 unit di Thailand.

Mulai fiskal 2010, KHI memproduksi sepeda motor bermesin di atas 650 cc di Thailand. Moge yang dibikin di Thailand, termasuk versi mutakhir yang sudah menggunakan teknologi canggih. Indonesia kebagian apa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar